Kiblat (Kesatuan Arah)



Tahukah kalian tentang Kiblat? Hmmmm... Masa ga tahu, tahukan?! ya, untuk memperjelas inilah penjabarannya. Namun sebelumnya diberitahukan alamat compozt untuk mencari yang selengkapnya.


Kiblat adalah kesatuan arah untuk menyatukan pemahaman umat. Konsep kiblat yang benar ada dalam ibadah shalat. Arah shalat menuju ka’bah namun bukan berarti manusia shalat menyembah ka’bah. Yang disembah adalah Allah Swt Sang Pemilik arah. Ka’bah hanyalah penyatu arah bagi kaum muslim ketika melaksanakan shalat. Kiblat secara psikis akan mengikat pikiran manusia secara emosional dan spiritual dalam beribadah kepada Yang Maha Pencipta.

Shalat merupakan satu ibadah yang akan pertama kali dimintai pertanggungjawabannya di akhirat nanti.  Dalam suatu hadis disebutkan bahwa, jika shalat seorang hamba baik dan benar maka baik dan selamatlah seluruh amal ibadahnya. Dan salah satu agar shalatnya baik adalah memenuhi syarat sahnya shalat yang salah satunya merupakan mengarah ke kiblat. 

by: Muhammad Tsani A. Hakim



1 Responses to “Kiblat (Kesatuan Arah)”

devi kunyai :

klop banget artikelnya....ngmong2 ttg kiblat..jadi ke syarat sah shalat..(kepikiran...dalam mlksanakan shlat yg lima waktu..sering ga khusu nya..susahhh) knpa yaa? kasih tips donk gan?

January 9, 2012 at 11:31 PM

Post a Comment